Pages

Teknologi Katup Terbaru Toyota



Teknologi katup merupakan salah satu faktor terciptanya pembakaran bahan bakar yang sempurna untuk mencapai performa yang diinginkan terhadap kendaraan Anda. Sistem mekanisme katup mesin Toyota di Indonesia mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Mulai dari katup OHV, SOHC, DOHC, VVT-i, Dual VVT-i sampai Valve matic. Berikut ini adalah perkembangan mekanisme katup OHV (Over Head Valve) sampai kepada teknologi yang terbaru yaitu Valvematic pada Toyota NAV1.


OHV atau Over Head Valve adalah jenis mekanisme katup yang digunakan pada permulaan Teknologi mesin Toyota di Indonesia. Sistem katup OHV masih menggunakan banyak mekanisme yang dapat mengurangi efisiensi kinerja katup. Waktu bukaan katup dan besar bukaan katup adalah fix dan belum menggunakan sistem komputerisasi. Power yang dihasilkan pada mesin ini untuk mesin 2000cc adalah kisaran 107 PS.


SOHC atau Single Overhead Valve. Pada sistem katup ini waktu bukaan katup dan besar bukaan katup pada SOHC adalah fix. Namin pembukaan lebih responsif dan jumlah katup bisa lebih banyak karena berkurangnya mekanisme yang dapat mengurangi efisiensinya. Power yang dihasilkan pada jenis katup ini untuk mesin 2000cc adalah kisaran 109 PS.


DOHC atau Doble Overhead Valve adalah cara kerja katup DOHC lebih responsif dari SOHC, jumlah katup lebih banyak dan menghasilkan tenaga yang lebih besar. Power yang dihasilkan pada jenis katup ini untuk mesin 2000 cc adalah kisaran 122 PS.



VVT-I (Variable Valve Mekanisme Valve Timing - inteligent). Sistem VVT-i adalah jenis mekanisme katup yang digunakan pada teknologi EFI. Waktu buka tutup katup "katup" ini bervariasi dan lama pembukaan katup selalu sama. Misalnya pada saat putaran mesin rendah, waktu buka tutup katup akan diperlambat. Dengan cara kerja katup seperti ini tidak banyak bahan bakar dan udara yang terbuang dan kinerja mesin lebih optimal. Power yang dihasilkan pada jenis katup ini untuk mesin 2000cc adalah kisaran 136 PS.


Dual VVT-i (Variable Valve Mekanisme Valve Timing - inteligent). Jika proses VVT-i hanya mengatur kinerja katup "masuk" dan katup keluar "buang". Waktu buka katup "masuk" dan "keluar" ini bervariasi dan lama pembukaan katup ini selalu sama. Cara kerja kedua katup ini adalah dengan mengurangi hambatan dari gas sisa pembakaran dalam mesin sehingga konsumsi bahan bakar irit, performa mesin meningkat (menambah tenaga dan torsi), dan emisi gas buang dapat diturunkan lagi. Power yang dihasilkan pada jenis katup ini untuk mesin 2000cc adalah kisaran 143 PS.

Valvematic adalah perkembangan teknologi katup terbaru di Toyota Indonesia. Teknologi mesin ini pertama kali ada di Toyota Navigator One (NAV1). Valvematic merupakan pengembangan dari teknologi VVT-i, berupa sistem Continous Valve Lift Control yang bekerja sama dengan sistem Valve Timing Control milik VVT-i. Sistem kerja sama yang dipadu dengan VVT-i ini berupa waktu buka tutup "masuk" yang bervariasi, sedangkan besar bukaan katup disesuaikan oleh Valvematic sehingga pembukaan katup masuk dan buang akan lebih presisi.

Toyota Nasmoco Solo Baru

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar